Q & A dengan Ade Andryani, Train Station Everyday.

Ade Andryani

Q: Coba ceritakan, bagaimana rasanya menjadi karyawan yang terkenal dengan rutinitasnya yang cukup padat?

A: Ada enak dan tidak enaknya. Kalau seperti biasanya saya bisa santai dirumah dan main ke mana saja, namun saat ini waktu bermain nya jauh berkurang..

Q: Untuk setiap harinya pulang-pergi naik apa? Dan bagaimana kesannya naik kendaraan tersebut?

A: Saya naik Commuter Line setiap harinya. Sebelum saya bekerja saya juga sudah sering naik kendaraan ini, namun baru kali ini saya merasakan naik CL pada jam kerja, rasanya sesak sekali!

Q: Wah padat sekali sepertinya..

Nah, dengan rutinitas saat ini, pernah tidak anda merasa jenuh sampai sampai tidak bisa memotret?
A: Saya pernah merasakan jenuh, hari ini misalnya.. Tadi pagi saya melihat sebuat momen yang pas dan menarik untuk dipotret, tapi kebetulan saya sedang unmood sehingga malas mengeluarkan handphone, terlebih karena sudah resah menunggu CL dan berfikir “nanti saya bisa masuk CL atau tidak (karena padatnya penumpang), nanti saya akan telat masuk kantor atau tidak ya”, kira-kira seperti itu.

Q: Itu artinya, ada waktunya Ade membiarkan momen bagus terlewatkan begitu saja kan?

A: Iya, ada waktunya saya hanya menikmati moment tsb dan membiarkan memory otak saja yang mengingatnya

Q: Apakah Ade tidak menyayangkan hal tersebut?

A: Sekilas iya, tapi saya pikir masih ada hari esok dan hari-hari selanjutnya.

Q: Baik, akhir-akhir ini Ade banyak mengunggah foto di dalam stasiun atau di dalan CL. Itu memang sengaja berburu momen atau bagian dari rutinitas?

A: Mostly, bagian dari rutinitas.. Kalau kebetulan saya menemukan yang menarik, langsung saja saya jepret.

Q: Menurut Ade, memotret dalam padatnya rutinitas, ada rintangan tidak? Dan bagaimana caranya untuk tetap konsisten dalam memotret?

A: Kalau rintangan pasti ada, misalnya.. Kita mau atau tidak meluangkan waktu untuk sekedar mengambil handphone/gadget lain, guna menangkap momen itu, padahal bisa saja kita sedang dikejar waktu atau sedang memikirkan pekerjaan yang menumpuk.

Q: Kalau dari foto-foto di stasiun itu, apa yang akan diceritakan?

A: Yang ingin saya ceritakan adalah aktivitas-aktivitas yang biasa saya temukan dalam Commuter Line dan sekitar stasiun, terutama pada saat office hour.

Ade Andryani


Q: Saat ini, nih. Apa yang membuat Ade masih tetap berkarya? Atau anda punya saran untuk teman-teman?

A: Salah satu alasan mengapa saya masih tetap berkarya adalah kesenangan saya dalam fotografi sebagai media berekspresi.
Sarannya adalah tetaplah memotret karena fotografi dapat dilakukan kapanpun dan di mana pun.

Q: Kira-kira, dalam rutinitas nih, apa yang menarik di mata?

A: Banyak yang menarik perhatian saya, yang sederhana misalnya.. semacam cahaya pagi yang membentuk bayangan di stasiun. Gesture tubuh mereka yang sedang menunggu commuter datang atau didalam kereta, seperti aktivitas-aktivitas kecil yang mereka lakukan saat menunggu kereta sampai tujuan.. seperti bermain gadget, tidur, atau ngobrol. Padatnya penumpang serta ekspresi lelah dan jenuhnya mereka.

Q: Apakah perasaan seperti itu mengalir begitu saja, karena sesama pengguna CL? Atau memang tertarik pada hal-hal seperti itu?

A: Sebelumnya memang tertarik, tetapi setelah menjadi pengguna CL, saya merasa menjadi lebih peka pada lingkungan sekitar. Saya ingin menunjukkan, ”ini lho, saya” atau ketika saya menemukan hal yang aneh, saya ingin menunjukkan ”kok, seperti ini, ya”

Q: Jadi semacam berkaca ke diri sendiri, ya?

A: Iya, betul.

Q: Kegiatan memotret begini, bawa kamera apa?

A: Saya memakai handphone. Kebetulan kamera handphone saya sudah jelek karena beberapa kali masuk ke dalam kolam, tapi saya mensiasatinya dengan memotret pada saat-saat yang cerah saya. Saya menghindari waktu gelap atau malam saja, karena hasilnya pasti gelap dan tidak maksimal.

Bio
Nama: Ade Andryani Sitompul
Dikenal juga sebagai Andryani Ade
Domisili: Jakarta
Latar Belakang: Farmasi

Facebook
Instagram
Website

Copyrights:
All the pictures in this post are copyrighted Ade Andryani

Leave a Reply

